Bahan Bangun Rumah Mewah Kokoh Kualitas Terjamin

bahan bangun rumah

Memilih bahan bangun rumah yang berkualitas tentunya sangat penting, khususnya untuk rumah mewah. Tujuannya adalah agar rumah tetap kokoh dalam waktu lama dan risiko kerusakannya kecil.

Pastikan Anda memilih bahan-bahan yang sudah memiliki SNI. Sebab, artinya bahan bangunan tersebut sudah memenuhi standar minimal kualitas bahan yang ditetapkan pemerintah Indonesia.

Selain itu, pastikan bahan bangunan tersebut juga terbukti kuat dan kokoh. Artinya dalam memilih bahan bangunan, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu agar mendapat bahan berkualitas.

Selain memastikan kualitas bahan, Anda juga perlu mengetahui apa saja bahan bangunan untuk rumah mewah yang dibutuhkan. Oleh sebab itu, pada artikel kali ini kami akan merincikannya untuk Anda.

Macam-Macam Bahan Bangun Rumah Mewah Kokoh

Sebagai orang yang ingin membangun rumah mewah, biasanya masyarakat akan menggunakan jasa kontraktor untuk mengerjakannya. Sayangnya, tidak semua kontraktor memilih bahan berkualitas untuk membangun rumah tersebut.

Oleh sebab itu, mau tidak mau Anda perlu memiliki pengetahuan mengenai bahan bangunan berkualitas. Sehingga, Anda bisa melakukan kontrol dan pengawasan agar hasil yang diberikan memuaskan.

Tentu Anda mau rumah tersebut kokoh dan tahan lama tanpa banyak kerusakan. Berikut ini adalah bahan dasar untuk membangun rumah mewah. Nantinya, Anda tinggal riset merek apa yang paling bagus. Simak rincian bahan bangun rumah berikut ini:

1. Batu Pondasi

Batu pondasi digunakan untuk membuat bagian dasar atau pondasi bangunan. Memilih batu pondasi yang berkualitas sangat penting untuk diperhatikan. Sebab, kokoh tidaknya sesuatu bangunan ditentukan oleh kualitas batu pondasi.

Ada beberapa jenis batu pondasi berkualitas, tapi ada empat yang paling sering digunakan untuk pembangunan rumah mewah:

  • Batu belah berasal dari batu berukuran bear yang dibelah ke ukuran lebih kecil. Karakteristiknya adalah padat, keras, dan bersih yang akan membuat bangunan rumah lebih kokoh.
  • Batu bulat ada secara alami di alam Indonesia, baik di kali atau gunung. Batu bulat memiliki karakteristik yang kuat dan ukurannya beragam. Bahan bangun rumah ini membuat pondasi lebih kokoh.
  • Batu blodos merupakan batuan yang berasal dari kali atau gunung. Karakteristiknya hampir sama seperti batu belah, hanya saja ukurannya jauh lebih kecil.
  • Batu karang banyak terdapat di daerah pantai dengan karakteristik sangat kuat dan kokoh. Sehingga. Banyak orang yang memilihnya untuk dijadikan pondasi rumah.

Pemilihan pondasi harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda dan budget yang dimiliki. Sebab, setiap jenis batu memiliki harga yang berbeda.

2. Semen

Dalam pembangunan rumah mewah, peran semen sangat krusial dan tidak boleh tertinggal. Sebab, semen berfungsi untuk menyambung bata, menguatkan pondasi, memplester dinding, menempelkan keramik, dan masih banyak lagi.

Bahan bangun rumah satu ini penggunaannya memang sangat banyak. Sehingga bisanya kontraktor akan mencampur semen dengan gamping atau pasir agar lebih hemat.

Yang perlu diperhatikan adalah perbandingan semen dengan bahan tambahannya tersebut. Semakin banyak bahan tambahan, maka daya rekatnya semakin berkurang. Akibatnya adalah bangunan tidak kokoh. Ada beberapa tips untuk memilih semen berkualitas, yaitu:

  • Pilih semen yang masih baru dengan masa penyimpanan kurang dari 1 bulan. Atau, pilih yang teksturnya masih lembut dan hindari jika sudah keras.
  • Warna semen yang baik adalah abu-abu kehijauan. Jika warnanya terlalu gelap atau agak putih artinya aditif yang digunakan terlalu banyak. Hal ini dapat mempengaruhi kekuatan semen.
  • Pilih semen yang sudah berlogo SNI atau lebih baik lagi jika sudah bersertifikasi internasional. Bahan bangun rumah yang memiliki sertifikat standar artinya kualitasnya sudah teruji.
  • Pilih semen yang masih memiliki kemasan bagus. Jangan pilih yang sudah sobek untuk memastikan kualitasnya tetap terjaga.
spesialis renovasi rumah mewah di Jakarta

3. Pasir

Sama halnya dengan semen, pasir juga memiliki peran yang sangat krusial dalam pembangunan rumah. Sebab, pasir akan dijadikan adonan bersama dengan semen untuk merekatkan bahan bata.

Kualitas pasir tidak bisa membohongi hasil dari bangunan tersebut. Biasanya kontraktor yang Anda pilih akan bertanya mengenai kualitas pasir yang akan digunakan.

Meski pasir berkualitas tergolong mahal, tapi hasilnya akan lebih kokoh. Beberapa jenis pasir terbaik untuk bangunan di antaranya adalah pasir beton, pasir putih bangka, pasir lampung, dan masih banyak lagi.

4. Baja

Bahan bangun rumah berikutnya adalah baja yang berfungsi sebagai rangka untuk menguatkan di dinding. Dengan demikian, dinding akan lebih kokoh dan tidak mudah roboh.

Selain itu baja juga sekarang sering dijadikan untuk kerangka atap bahkan atapnya sendiri. Tapi, jenis baja yang digunakan untuk atap adalah baja ringan.

Jenis baja ringan merupakan material hasil perpaduan beberapa elemen. Bahkan, beberapa material yang digunakan untuk pembuatan baja ringan adalah hasil daur ulang. Tidak heran jika bahan bangunan ini ramah lingkungan.

5. Kayu dan Bambu

Kayu dan bambu banyak digunakan dalam proses konstruksi, khususnya untuk bagian atap dan tiang-tiang. Kayu biasanya digunakan untuk lantai, penopang dinding, kusen, hingga dalam proses pembuatan tangga.

Sedangkan bambu merupakan bahan bangun rumah yang berfungsi untuk tiang rumah, bekisting, dan susunan rangka atap. Hingga saat ini bambu bahkan masih banyak digunakan pada rumah-rumah tradisional.

6. Split

Split adalah batu kerikil yang diperoleh dari batu besar dari gunung atau kali. Perannya dalam proses pembangunan rumah sangat peting, yaitu sebagai bahan pembuat beton rumah, khususnya pada bagian pondasi.

Split ternyata dibedakan berdasarkan ukurannya. Di pasaran sendiri tersedia berbagai jenis ukuran split dari mulai 5 mm hingga 50 mm. Setiap ukuran memiliki fungsinya masing-masing.

7. Bata Atau Batako

Bahan bangun rumah berikutnya yang sangat penting adalah bata atau batako. Bahan ini digunakan untuk membuat dinding rumah. Antara bata dan batako memiliki karakteristik masing-masing.

Bata dari tanah liat memiliki karakter yang adem dan kokoh, hanya saja harganya lebih mahal. Sedangkan batako lebih panas tapi jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan bata tanah liat.

8. Genteng

Genteng merupakan bahan bangunan yang digunakan untuk menutup bagian atap. Salah satu jenis genteng paling populer di Indonesia adalah yang terbuat dari tanah liat karena kokoh dan estetik.

Selain itu, tersedia juga genteng dari bahan plastik, serat selulosa, bahkan karet daur ulang yang lebih terjangkau dan ramah lingkungan.

9. Keramik

Keramik merupakan bahan bangun rumah yang digunakan untuk lantai bahkan dinding. Untuk memunculkan kesan mewah, Anda bisa menggunakan keramik dari marmer berkualitas.

Jika Anda sedang mencari kontraktor yang menyediakan bahan bangunan untuk rumah mewah berkualitas, pilih PT. Citra Karisma Utama. Perusahaan kontraktor ini sudah berpengalaman di bidangnya.

Selain menyediakan jasa pembangunan rumah mewah, PT. Citra Karisma Utama juga menyediakan berbagai layanan lainnya. Misalnyanya renovasi, desain dan bangun, serta desain interior.

Menariknya, perusahaan ini juga menyediakan layanan konsultasi gratis. Jadi, Anda bisa mendiskusikan berbagai hal seputar rencana pembangunan rumah, pemilihan bahan bangun rumah, sekaligus meminta perkiraan rincian biayanya.

Untuk masalah harga, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, perusahaan ini membandrol harga yang sangat bersahabat dan kompetitif. Bahkan, banyak penawaran menarik dari perusahaan ini untuk konsumennya.

Bagi Anda yang penasaran dengan hasil kerja dari PT. Citra Karisma Utama, maka segera cek portofolionya di https://www.citrakarismautama.co.id/. Anda juga bisa berkonsultasi mengenai bahan bangun rumah melalui WA di bawah ini.

Baca juga : Jasa Bangun Rumah Bahan Berkualitas Jakarta

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Hubungi Kami