Yuk Intip 7 Ide Konsep Ruang Santai Outdoor pada Rumah Mewah

Ruang santai outdoor

Sebuah rumah akan terasa lebih nyaman ketika ada ruang santai outdoor yang memiliki konsep tertentu. Apalagi untuk rumah yang masuk kategori mewah, terasa kurang bila tanpa disertai ruang santai.

Sebagian orang lebih tertarik dengan ruang santai konsep outdoor dibandingkan indoor. Tapi, ada juga yang memiliki keduanya, di mana masing-masing dibuat dengan konsep berbeda. Banyaknya ide konsep membuat tidak sedikit orang bingung menentukan pilihan.

Apalagi bagi seseorang yang awam dengan desain ruangan, biasanya lebih memilih untuk menggunakan jasa. Bila Anda merupakan salah satunya yang kesulitan mencari ide konsep, bisa menyimak pembahasan berikut.

Inilah 7 Ide Konsep Ruang Santai Outdoor Rumah Mewah Bisa Dijadikan Referensi

Biasanya pemilik rumah mewah memiliki ruangan khusus yang dibuat outdoor dengan ide tertentu. Bagi Anda yang sedang bingung mencari konsep ruang santai area outdoor, 7 ide ini dapat dijadikan referensi:

1. Nuansa Alami

Ide pertama yaitu dibuat bernuansa alami. Bisa menggunakan beragam jenis tanaman yang disukai. Adanya tanaman ini membuat ruangan santai menjadi tampak segar serta natural.

Dapat dijadikan konsep ruang santai belakang rumah maupun bagian depan. Ditambah furnitur bangku taman dan meja, akan membuat aktivitas bersantai menjadi lebih nyaman.

Tanaman yang berwarna hijau memiliki dampak positif terhadap kondisi psikologis manusia. Pasalnya, warna hijau ini bisa mengurangi perasaan stress yang muncul.

Adanya sentuhan alami pada ruang santai outdoor akan menjadikan aktivitas bersantai lebih menyenangkan dan menenangkan. Cara menerapkan ide ini bisa dengan memberikan tanaman hias di bagian sudut ruangan.

Bisa juga dengan memberikan kaca jendela yang ukurannya besar. Peletakan jendela dibuat menghadap langsung ke arah taman. Konsep seperti ini akan membuat ruangan terlihat lebih indah.

2. Konsep Terbuka dengan Gazebo

Sangat menyenangkan rasanya bila bersantai ditemani udara segar dari luar yang bisa dihirup. Konsep terbuka disertai gazebo bisa menjadi salah satu opsi bagi Anda pemilik rumah mewah maupun minimalis.

Asalkan tepat dalam memodifikasi gazebo yang ada, ruang santai outdoor dapat terlihat modern dan cantik. Akan tampak lebih menarik bila ide nuansa alami digabungkan dengan konsep terbuka disertai gazebo.

Apalagi bila sebelumnya sudah mempunyai taman. Biasanya taman dibuat di bagian belakang rumah. Adanya taman ini, nantinya Anda tidak perlu bingung lagi mempercantik ruangan.

Hal ini karena konsep ruangan terbuka disertai taman rindang sudah sangat membantu menghilangkan stress akibat aktivitas seharian. Bila tidak memungkinkan membuatnya terbuka penuh, dapat dibuat dengan konsep semi outdoor.

Jadi, dibuatnya dengan bukaan lebar. Sebaiknya pilih bentuk dan ukuran gazebo yang sesuai ruangan, jangan asal. Konsep gazebo cocok dijadikan opsi bagi Anda yang ingin menikmati ruang santai outdoor bersama keluarga.

3. Sky View

Ide selanjutnya sky view atau menonjolkan pemandangan langit. Bila mempunyai rumah mewah dengan jenis dua lantai, Anda bisa mencoba opsi satu ini. Desainnya dibuat cukup sederhana karena sudah terbantu pemandangan luar.

Nantinya dibuat bentuk ruang santai sederhana tanpa perlu adanya atap. Dapat dikatakan konsep sky view tidak memerlukan banyak budget karena dibuatnya dalam bentuk outdoor dan tanpa atap.

Anda hanya memerlukan meja serta kursi sebagai tempat bersantai. Bisa juga memakai sofa, tapi perlu adanya atap. Untuk jenis atapnya memakai kaca transparan yang berfungsi sebagai pelindung sofa dari paparan hujan.

Jadi, sofa dapat terhindar dari kerusakan akibat hujan. Supaya ruang santai outdoor konsep sky view lebih cantik, bisa ditambahkan sentuhan batu jenis koral serta tanaman tertentu di sekitarnya.

4. Konsep Serba Kayu

Bagi Anda yang menginginkan kesan homie serta warm pada ruangan santai, bisa mencoba konsep serba kayu. Akan menjadi sebuah tempat yang nyaman untuk menghabiskan waktu bersantai bersama keluarga.

Lantainya dibuat dari bahan kayu, begitu juga dengan kursi panjangnya. Bukan hanya outdoor saja, ruang santai indoor juga bisa menerapkan konsep serba kayu ini. Akan lebih menarik lagi bila ditambah tanaman hias untuk mempercantik ruangan.

Selain itu, berbagai pohon rindang juga memberikan kesan meneduhkan. Adanya pepohonan rindang dan tanaman hias akan membuat suasana tempat menjadi lebih sejuk.

Agar ruang santai outdoor konsep serba kayu lebih nyaman lagi, dapat ditambahkan kanopi kaca atau baja ringan untuk dijadikan atap. Ingin dibuat tanpa atap, sebagian atau full itu menyesuaikan selera masing-masing individu.

5. Rooftop

Bagi Anda pemilik rumah mewah dengan rooftop, bisa memanfaatkannya sebagai ruang santai. Hanya perlu menambahkan karpet sebagai alas, meja dan sofa akan menjadikan ruangan terasa cozy.

Cocok dijadikan tempat bersantai bersama keluarga maupun teman yang datang ke rumah. Apalagi ditambah dengan hembusan angin luar yang segar, membuat aktivitas bersantai lebih menyenangkan.

Untuk mempercantik ruang santai outdoor rooftop, dapat ditambahkan hiasan berupa lampu LED. Ruangan akan tetap tampak cantik di malam hari sekalipun. Peletakan lampu LED bisa dengan cara digantung.

6. Dengan Kolam Ikan

Bukan hanya pohon atau tanaman saja yang dapat dijadikan hiasan ruangan. Kolam ikan merupakan salah satu konsep yang tidak kalah menarik untuk dicoba supaya tampilan desain ruangan tampak manis.

Bahkan bukan hanya rumah mewah saja yang cocok dengan konsep ruangan santai kolam ikan. Rumah tidak terlalu luas juga cocok dengan konsep satu ini. Kolam ikan tidak harus dibuat dengan ukuran sangat luas.

Kisaran ukuran 1 x 1,05 meter sudah cukup untuk membuat kolam ikan. Selain kolam ikan, penambahan jembatan kayu kecil di bagian tengah kolam dengan kursi berbahan kayu bisa menjadi referensi desain ruangan yang menarik.

Untuk ruang santai outdoor dengan kolam ikan, biasanya juga dihiasi tanaman hijau supaya lebih asri. Selain itu juga dibuat lebih cantik dengan adanya batu koral. Mengenai jembatan kayu kecil sebenarnya tidak harus ada.

Kalaupun ada, biasanya dijadikan tempat duduk. Sambil bersantai, bagian kaki bisa masuk ke dalam kolam. Konsep ruang santai seperti ini akan memberikan sensasi berbeda dari biasanya.

7. Bergaya Industrial

Ide konsep terakhir adalah bergaya industrial. Cocok dijadikan opsi bagi Anda penggemar tampilan unfinished look atau bergaya modern. Gaya industrial ini menampilkan jenis warna logam, seperti perak, hitam atau emas.

Supaya ruang santai outdoor terasa lebih nyaman, bisa ditambahkan kursi panjang atau sofa dengan warna senada. Jangan lupa juga untuk menambahkan kursi berukuran kecil atau sedang alias tidak terlalu besar.

Mengenai dinding bisa dibuat dengan warna polos atau menampilkan motif tertentu. Akan memberikan kesan unik bila ruangan dibuat dengan tampilan unfinished look. Cara menonjolkan konsep satu ini yaitu dengan memainkan warna.

Anda bisa memilih salah satu atau kombinasi beberapa warna sebagaimana sudah disebutkan. Bila tertarik dengan desain bermotif, sebaiknya cari referensi dulu sebelum menerapkan. Atau berkonsultasi dengan jasa yang memang bergerak di bidangnya.

Bagi Anda yang masih bingung memilih ide paling cocok untuk diterapkan di rumah, gunakan saja jasa PT. Citra Karisma Utama. Konsultasikan konsep ruang santai outdoor yang Anda inginkan dengan menghubungi melalui website https://www.citrakarismautama.co.id/ atau no WA dibawah ini.

Baca juga : Kontraktor Pembangunan Rumah Taman Mediteranian PIK

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami