Berikut Cara Menghitung Biaya Konstruksi Baja per M2

Biaya konstruksi baja per m2

Mengenai biaya konstruksi baja per m2, tentu sudah diketahui oleh mereka yang bekerja di bidang properti. Tapi, bagi seseorang yang tidak berkecimpung di dunia properti, masih belum terlalu paham dengan penghitungannya.

Bahkan banyak yang tidak tahu sama sekali. Wajar karena memang bidang itu bukan makanan mereka sehari-hari. Tapi sebenarnya mengetahui cara penghitungannya sangat penting, apalagi bagi Anda yang ingin membangun rumah, kantor, gedung maupun jenis bangunan lain.

Di era seperti sekarang sudah banyak bangunan memakai konstruksi baja. Tujuannya supaya bangunan berdiri dengan kokoh serta tahan lama. Agar lebih paham berbagai hal tentang konstruksi baja dan cara menghitung biayanya, simak uraian berikut.

Inilah Beberapa Manfaat Konstruksi Baja untuk Bangunan

Sebenarnya apa itu konstruksi rangka baja? Adalah sistem konstruksi yang mengandalkan baja untuk bagian pondasinya. Biasanya sistem seperti ini dijadikan opsi untuk bangunan yang ukurannya luas serta tinggi.

Sebab sudah terbukti aman serta kokoh. Alasan lain mengapa sistem ini lebih dipilih yaitu karena proses pembangunannya cepat dan proses perangkaiannya mudah. Sebelum mengetahui berapa biaya konstruksi baja per m2, pahami beberapa manfaatnya untuk bangunan, antara lain:

  1. Strukturnya jauh lebih kuat serta tahan lama. Bahkan bisa dijadikan sebagai sarana investasi jangka panjang. Sebab, harga materialnya walaupun bekas dari bongkaran tidak akan mengalami penurunan jauh.
  2. Untuk pembangunan restoran, ruko maupun jenis bangunan komersil lainnya, bisa memberikan keuntungan lebih cepat. Hal ini relevan dengan pembangunan dengan sistem konstruksi baja lebih cepat selesai. Jadi, penggunaan bangunan untuk berjualan juga lebih cepat dilakukan.
  3. Biaya konstruksi baja per m2 untuk tenaga pembangunan lebih hemat karena proses pengerjaannya lebih cepat. Artinya, proses pengerjaan tidak memerlukan waktu terlalu lama.
  4. Biaya arsitektur bisa ditekan, karena tidak perlu adanya beton lagi supaya tampilan tampak bagus. Untuk memperbaiki tampilan hanya diperlukan pengecatan ulang.

Tips Menghitung Biaya Konstruksi Baja Bisa Diterapkan

jenis jenis konstruksi gedung

Tidak boleh asal dalam menentukan biaya konstruksi baja per m2. Tidak perlu khawatir bila menggunakan jasa teknik sipil atau yang berpengalaman di bidangnya, karena mereka sudah akan menghitungnya.

Tapi, tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan penghitungan sendiri. Jadi, nantinya Anda bisa memperkirakan berapa jumlah biaya yang dibutuhkan dan harus disiapkan. Ada beragam tips menghitung biaya pembangunan dengan metode ini yang dapat Anda coba lakukan, diantaranya:

  1. Memastikan posisi balok atau kolom tepat. Supaya memperoleh hasil perhitungan akurat, cermati bagian ini dengan seksama.
  2. Menentukan kolom serta struktur yang ingin dipakai. Contohnya seperti jenis atap, plat lantai, balok dan kuda-kuda yang telah terpasang.
  3. Menghitung beban yang bekerja terhadap jenis struktur, meliputi beban mati, beban hidup, angin serta gempa. Tidak perlu memperhitungkan beban gempa bila bangunannya kategori rendah.
  4. Sesudah memperhatikan beberapa poin yang sudah disebutkan sebelumnya, sekarang waktunya membuat mekanika struktur secara lebih mendetail.
  5. Terakhir, menghitung jumlah struktur beton atau baja yang diperlukan.

Membahas Sekilas Tentang WF, Konstruksi Baja yang Kerap Dipakai

Akan berbeda-beda biaya konstruksi baja per m2, tergantung dari jenis materialnya. Salah satu jenis material yang kerap dipakai pada konstruksi baja bernama WF atau Wide Flange. Biasanya jenis material satu ini dijualnya dalam bentuk batangan.

Untuk ukuran panjangnya sendiri sekitar 12 meter. Sebenarnya apa itu baja WF? Adalah salah satu jenis besi yang mempunyai kekuatan sangat tinggi dalam hal tarik atau tekan terhadap beban.

Tidak mengherankan bila jenis satu ini banyak dijadikan opsi. Penting dipahami bahwa pemilihan material berhubungan dengan sistematika sistem yang nantinya dipakai. WF seringkali digunakan untuk konstruksi kolom, tiang pencang, balok dan lain-lain.

Membahas tentang bentuk tidak beda jauh dengan besi H beam. Bisa dikatakan bahwa sistem WF termasuk cukup rumit. Fungsinya yaitu memperkuat struktur sebuah bangunan agar senantiasa kokoh serta tahan lama walaupun beban ditopang sangat berat.

Dengan biaya konstruksi baja per m2 yang nantinya Anda keluarkan, sebanding terhadap perolehan kualitas. Asalkan bisa dipasang dengan baik dan benar, tidak akan mengecewakan kualitasnya.

Jadi, harus selalu ingat bahwa tarif yang diperlukan untuk pembangunan dengan metode satu ini beragam, menyesuaikan dengan jenisnya. Untuk itulah sangat penting menentukan bangunan dan jenis besi seperti apa yang diinginkan.

Terlepas dari jenisnya, salah satu pertanyaan kerap ditanyakan adalah apakah konstruksi baja mudah dibentuk? Jawabannya adalah mudah dan inilah yang membuat proses pemasangannya cepat, sehingga menghemat budget.

Cara Menghitung Biaya Konstruksi Baja per M2 WF

jasa konstruksi baja untuk bangunan bertingkat terpercaya

Ketika melakukan penghitungan biaya konstruksi baja per m2, harus memperhatikan panjang besi serta berat totalnya. Secara umum panjang WF sebesar 12 meter. Tapi, itu hanya ukuran secara umum yang digunakan.

Sebenarnya ada beragam ukuran bisa dipilih, seperti paling kecil 100 x 50 x 5 x 7 mm atau setara dengan ukuran berat 112 kg. Ukuran akan berpengaruh signifikan terhadap tarif konstruksi WF.

Ada lagi ukuran 125 x 60 x 6 x 8 mm, beratnya 158.4 kg. WF 148 x 100 x 6 x 9 mm beratnya 253.2 kg, WF 150 x 75 x 5 x 7 mm beratnya 168 kg, WF 175 x 90 x 5 x 8 mm beratnya 217.2 kg, WF 194 x 150 x 6 x 9 mm beratnya 367 kg dan WF 198 x 99 x 4,5 x 7 mm beratnya 218.4 kg.

Jangan heran bila nantinya biaya konstruksi baja per m2 yang perlu Anda keluarkan lebih banyak seiring dengan semakin besarnya ukuran dan berat. Nantinya budget yang dikeluarkan tidak hanya untuk membayar material atau jenis besi saja, tapi juga pemasangan.

Artinya, tenaga pekerja harus diberikan ongkos atau upah menyesuaikan dengan ketentuan. Setiap daerah kemungkinan memiliki berbedaan harga untuk upah jasa pengerjaannya. Supaya lebih jelas, berikut ini daftar harga borongan konstruksi WF:

  1. WF di bawah 10 ton = upah tenaga per kg Rp. 7.000, tenaga dengan alat per kg Rp. 9.500, tenaga dengan alat serta bahan per kg Rp. 28.500, bahan pasang seng atap per meter Rp. 105.000.
  2. Biaya konstruksi baja per m2 WF di atas 10 ton = upah tenaga per kg Rp. 6.500, tenaga dengan alat per kg Rp. 9.000, tenaga dengan alat serta bahan per kg Rp. 27.000, bahan pasang seng atap per meter Rp. 95.000.
  3. Rangka atap baja ringan di bawah 100 m2 = upah tenaga per m2 Rp. 65.000, tenaga dengan bahan canal C tanpa genteng per m2 Rp. 240.000.
  4. Rangka atap baja ringan di atas 100 m2 = upah tenaga per m2 Rp. 55.000, tenaga dengan bahan canal C tanpa genteng per m2 Rp. 185.000.

Tarif jasa bongkar serta pasang konstruksi rangka baja sekitar Rp. 450.000 per m2. Harga tersebut tidak termasuk dengan pondasi. Tapi mengenai harga menyesuaikan dengan H beam atau spesifikasi WF yang dipakai.

Masih bingung dengan penghitungannya? Konsultasikan saja kebutuhan Anda dengan jasa bernama PT. Citra Karisma Utama lewat website https://www.citrakarismautama.co.id/ atau no via WA . Ketika Anda menggunakan jasa ini, tidak perlu lagi bingung memikirkan cara penghitungan biaya konstruksi baja per m2.

Baca juga : Konstruksi Baja

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami