Jasa Konstruksi Baja WF 2 Lantai untuk Gudang & Pabrik

konstruksi baja wf 2 lantai

Konstruksi baja ada berbagai jenisnya, salah satunya yang umum digunakan yaitu konstruksi baja WF 2 lantai. Selain struktur beton bertulang, jenis konstruksi ini banyak digunakan untuk bangunan berukuran besar seperti gudang, pabrik, atau rumah besar dengan 2 lantai.

Sebelum itu, tahukah Anda apa saja konstruksi baja? Berdasarkan jenis dan penggunaannya, baja secara umum terbagi menjadi beberapa macam, antara lain Wide Flange Iron (WF), kanal U (UNP), Lipped Channel (CNP), H-Beam, T-Beam (Hot Rolled), Steel Pipe, dan baja siku.

Masing-masing memiliki bentuk berbeda-beda, sehingga peruntukannya dalam bangunan pun bisa berbeda-beda meskipun bisa saling dikombinasikan. Di antara berbagai jenis tersebut, salah satu yang umum digunakan adalah baja WD atau biasa disebut balok WF.

Adapun baja sendiri merupakan sejenis logam berbahan dasar besi dengan campuran unsur karbon. Karena merupakan paduan antara besi dan karbon, material ini memiliki sifat mekanis lebih baik dari besi sebab lebih keras dan memiliki daya tarik lebih tinggi.

Apa Itu Konstruksi Baja WF (Wide Flange)?

pabrik textil

Sebelum mengetahui penerapannya dalam pembangunan konstruksi baja WF 2 lantai, sebaiknya pahami dulu apa itu balok baja WF. Selain itu, kenali juga apa saja kelebihannya dibandingkan jenis material lainnya.

Jadi, tahukah Anda apa itu balok WF? Pada dasarnya, balok WF merupakan sebutan untuk material besi berkekuatan tinggi dengan bentuk khusus. Sesuai namanya, bentuk Wide Flange memiliki flange atau sayap pada bagian tepi kanan kiri bajanya.

Material ini banyak dipilih untuk elemen struktur sebab memiliki densitas atau kepadatan tinggi. Sehingga, materialnya tidak akan terasa terlalu berat dalam hal kapasitas muat beban, namun tetap mampu membentuk struktur bahan ataupun konstruksi secara lebih efisien.

Karena itu, jenis ini banyak digunakan dalam membangun konstruksi baja WF 2 lantai. Wide Flange Iron (besi WF) biasa juga disebut sebagai balok WF karena umumnya memang tersedia dalam bentuk batangan panjang seperti balok.

Umumnya, batangan tersebut memiliki dimensi panjang 12 meter. Adapun dimensi ukuran tinggi badan, lebar bagian sayap, tebal badan, serta tebal kaki sayapnya bervariasi tergantung peruntukan atau tujuan penggunaan, dan bisa dilihat pada tabel baja WF yang sudah tersedia.

Baca juga : Kenali Tabel Baja WF SNI Lengkap Beserta Ukurannya

Kelebihan Penggunaan Konstruksi Baja WF 2 Lantai untuk Bangunan Gudang dan Pabrik

Kontraktor Atap Baja WF Bangunan Pabrik

Setelah mengetahui definisinya, tahukah Anda sebenarnya penggunaan baja WF untuk apa? umumnya, material ini digunakan sebagai material penstabil dinding (retensi dinding), alternatif penyangga sementara konstruksi, serta sebagai pondasi struktural bangunan.

Salah satu penggunaan lainnya yaitu adalah dalam pembangunan konstruksi bangunan 2 lantai. Contohnya seperti pembangunan rumah, ruko, sekolah, atau gedung besar lainnya seperti gudang dan pabrik.

Penggunaan konstruksi baja WF 2 lantai untuk bangunan besar seperti gudang dan pabrik dipilih karena beberapa kelebihan atau keunggulan khusus. Pada dasarnya, berikut ini beberapa alasan mengapa bangunan 2 lantai lebih baik menggunakan konstruksi baja WF:

1. Lebih cepat

Kelebihan pertama yaitu pembangunan untuk struktur dengan 2 lantai atau lebih bisa menjadi lebih cepat. Bahkan hanya dalam waktu 1 minggu saja konstruksinya sudah bisa berdiri tergantung pada besar gedung, terutama jika pembagian ruangannya berbentuk grid.

2. Lebih murah

Kelebihan penggunaan konstruksi baja WF 2 lantai selanjutnya yaitu harganya lebih murah dibanding bangunan beton. Karena pembangunannya lebih cepat, otomatis bisa menghemat banyak waktu sehingga biaya pembangunan juga menjadi lebih hemat.

3. Lebih kuat

Pada dasarnya, beton dan baja bisa memiliki kekuatan yang sama tergantung pada perencanaan dan perhitungan. Namun banyak orang awam yang memilih material ini sebab dirasa lebih kuat dari beton untuk pembangunan 2 lantai.

4. Visual secara arsitektur

Jika ingin menampilkan arsitektur industrial, maka konstruksi baja WF 2 lantai lebih cocok digunakan agar bisa memperoleh visual yang diinginkan. Di mana pada arsitektur industrial, ciri khasnya yaitu kolom bajanya diperlihatkan dengan adanya kesan bangunan sederhana.

5. Mempermudah pembongkaran

Bagi para pemilik lahan sewaan yang konstruksinya bisa dibongkar jika masa sewa berakhir, material ini jauh lebih worth it. Jika menggunakan beton sisanya hanya akan menjadi puing dengan tulangan besi, sedangkan konstruksi baja setelah dibongkar bisa dijual kembali.

Karena kelima kelebihan di atas, balok WF banyak dipilih oleh kontraktor maupun pemilik proyek. Sebab keunggulannya bisa didapatkan dari berbagai aspek baik itu dari segi waktu, harga, kekuatan material, visual, serta efisiensi jika suatu saat dilakukan pembongkaran ulang.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Konstruksi Baja WF 2 Lantai

struktur baja WF untuk rumah mewah

Jika Anda lebih memilih menggunakan Wide Flange untuk bangunan bertingkat 2 lantai, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini beberapa contoh poin penting yang harus Anda perhatikan ketika menggunakan konstruksi baja WF 2 lantai:

  1. Perhatikan pengaturan kolomnya sesuai tujuan penggunaan. Pada bangunan bertingkat 2 lantai balok Wide Flange banyak dimanfaatkan sebagai jembatan komposit, tiang kolom, balok, rangka atap, kantilever kanopi, atau pondasi tapak sesuai kebutuhan.
  2. Agar pengerjaan semakin cepat, gunakan kombinasi antara rangka baja dengan panel AAC, yaitu beton ringan berbentuk lembaran panel. Untuk itu, dibutuhkan pertimbangan secara tepat dengan cara memperhatikan aspek seperti kondisi struktur dan lain-lain.
  3. Tentukan jenis elemen strukturnya, apakah berupa balok, kolom, rangka batang, dinding dan pelat, atau lainnya.
  4. Hitung pondasi sesuai kemampuan beban lalu sesuaikan dengan dimensi atau ukuran balok bajanya.
  5. Hitung beban gempa pada konstruksinya, sebab dengan adanya 2 lantai tentu ikut mempengaruhi besaran beban gempa konstruksi suatu bangunan.

Untuk bangunan bertingkat, penggunaan balok WF umumnya memang lebih menguntungkan. Sebab selain lebih hemat, pembangunan juga lebih praktis tanpa mengurangi kualitas bangunan secara keseluruhan.

Namun bagi orang awam terutama yang tidak mengerti ilmu teknik, hal-hal di atas mungkin cukup rumit untuk dipahami, contohnya terkait perhitungan beban gempa. Oleh karena itu, Anda bisa berkonsultasi pada ahli konstruksi maupun tenaga kontraktor profesional.

Rekomendasi Jasa Konstruksi Baja WF 2 Lantai untuk Gudang & Pabrik Terbaik

Jika Anda membutuhkan kontraktor umum yang menangani layanan konstruksi baja WF 2 lantai, Anda bisa menggunakan jasa kami dari PT Citra Karisma Utama. Perusahaan kami telah berdiri sejak 1996 dan telah sukses membangun berbagai bangunan berstandar mutu tinggi.

Kami melayani berbagai jenis proyek, termasuk di antaranya konstruksi baja dengan didampingi tenaga ahli terampil sesuai bidangnya.

Misal, jika Anda ingin membuat gudang 2 lantai, maka tenaga ahli kami akan membantu prosesnya dari awal hingga akhir. Mulai dari konsultasi desain dan perencanaan, pemilihan material bajanya, hingga pelaksanaan proses pembangunan sesuai dengan keinginan Anda.

Sebagai referensi, Anda dapat melihat contoh portofolio hasil kerja kami. Contohnya seperti proyek konstruksi baja gudang, kantor, ruko, dan showroom berikut ini:

Jika tertarik, Anda bisa mengunjungi website resmi kami di  www.citrakarismautama.co.id. Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi langsung terkait proyek konstruksi baja WF 2 lantai untuk gudang atau pabrik di WA resmi kami.

Baca juga : Kontraktor – Konstruksi Baja Gudang, Kantor, Ruko, Showroom

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami